“Pelni Corner” Ajak Masyarakat Konsumsi Buah dan Sayur

“Pelni Corner” Ajak Masyarakat Konsumsi Buah dan Sayur

Rumah sakit dulu dan sekarang beda. Sekarang ‘wajah’ rumah sakit sudah saatnya diubah menjadi rumah sehat sehingga sebelum pulang pasien dan keluarganya sudah memiliki gaya hidup sehat, makan buah dan sayur.

Seperti terlihat di RS Pelni Jakarta Barat. Di Rumah Sakit ini sudah ada Pelni Corner, toko buah segar, bunga dan kopi Nusantara di area rumah sakit. Terobosan ini merupakan kolaborasi RS Pelni dengan MAS Group PT Rajatani Agro Nusantara.

“Alhamdulilah kami membuka toko buah dengan kualitas prima bekerjasama dengan MAS Group PT Rajatani Agro Nusantara untuk menyediakan buah-buahan segar sekaligus wujud upaya kami mendorong gerakan yang sudah dicanangkan pemerintah Ayo makan buah dan sayur”, ujar Direktur RS Pelni Dr dr Fathema Djan Rachmat, di Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Tujuannya, untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah. Menurutnya, mengajak masyarakat untuk makan buah secara teratur memang sulit oleh karena itu dengan adanya Pelni Corner yang menyediakan buah segar maka baik karyawan rumah sakit, pasien maupun keluarganya dapat dengan mudah mendapat buah segar, bunga rangkai maupun ke depannya juga sayuran organik yang menyehatkan.

“Kami harapkan semua rumah sakit di Indonesia juga memiliki toko buah segar dan sayuran karena selain bisa untuk buah tangan ketika menjenguk keluarga dan kerabat yang dirawat, juga bisa untuk buah tangan bagi keluarga di rumah,” ujarnya.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Berbeda dengan sayuran, buah-buahan juga menyediakan karbohidrat terutama berupa fruktosa dan glukosa. Sayur tertentu juga menyediakan karbohidrat, seperti wortel dan kentang sayur. Sementara buah tertentu juga menyediakan lemak tidak jenuh seperti buah alpukat dan buah merah.

Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah. Konsumsi sayur dan buah yang cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular kronik. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana gizi seimbang.

“Jadi pasien yang sudah pulang tidak perlu minum obat vitamin tapi makan saja buah-buahan yang cocok untuk kesehatan tubuhnya,” kata Fathema.

Sementara itu, CEO & Founder MAS Group PT Rajatani Agro Nusantara Anne Sri Arti menjelaskan, pihaknya bermitra dengan RS Pelni dalam menyediakan buah-buahan segar, bunga dan minuman kopi yang berasal dari berbagai daerah di tanah air.

Buah-buahan yang disajikan merupakan buah dengan kualitas premium yang dipasok langsung oleh petani.

“Jadi buah-buahan kelas premium yang kami sajikan ini karena mata rantai distribusinya langsung dari petani. Selama ini petani yang memasok ke fresh market harus melalui pengepul, tengkulak, perantara sehingga mata rantai menjadi panjang,” ujarnya.

Pelni Corner dipimpin oleh drh Arighi Geraudi, putra sulung dari Anne.  Menurut Anne, putranya ini yang membuat konsep dan menjalani Pelni Corner.

Leave a comment